Tips Untuk Memilih VPS Sesuai Kebutuhan

7 Dec, 2017 | Ditulis oleh Bayu Adin Tips memilih vps

Periksa teknologi yang digunakan agar sesuai dengan hostingnya

Memilih server yang berkaitan dengan layanan Virtual Private Server yang sering kita kenal dengan VPS tidak segampang yang dikira. Ini membutuhkan pertimbangan khusus apakah website anda saat ini membutuhkan VPS atau cukup menggunakan shared hosting, untuk lebih lengkapnya dapat mengunjungi artikel berjudul “Shared Hosting vs VPS“. Tentunya dengan menggunakan VPS maka hasilnya adalah hosting yang akan anda gunakan untuk website menjadi lebih stabil dan maksimal, namun dengan catatan VPS yang digunakan telah teroptimasi dengan baik. Beruikut ini tips untuk memilih VPS yang layak untuk kamu gunakan.

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan pengunjung atau visitor anda

Ini menjadi sangat penting yang berdampak terhadap visitor dalam website anda jika VPS tidak berjalan maksimal seperti tidak teroptimasi dengan baik atau VPS yang dipilih tidak sesuai kebutuhan seperti kurangnya resource pada VPS. Hasilnya pasti profit anda menjadi berkurang akibat pengurangan jumlah visitor terhadap website kamu. Dalam mempertimbangkan ini diibaratkan bahwa kamu dan vistor merupakan dua sisi yang saling membutuhkan, mereka membutuhkan jasamu dan kamu membutuhkan mereka untuk menaikkan rating trafik pada website kamu dan juga menggunakan proyek layanan yang sedang kamu bangun dalam website tersebut.

Ini perlu untuk dipelihara dan diatur dengan baik. VPS lah yang paling memiliki peran banyak dalam menjaga kestabilan website tersebut. Pastikan bahwa VPS tersebut sesuai dengan kebutuhan website saat ini. Untuk memenuhi kebutuhan website, maka akan lebih menguntungkan jika menggunakan Cloud Server karena resource (CPU,RAM,Disk) dapat dilakukan kostumisasi.

  1. Memikirkan harga dan biaya pengeluaran lainnya

Membeli paket VPS tidak harus mahal walaupun ada pepatah ada hargaada rupa. Tidak semuanya seperti demikian, karena yang terpenting dalam pemilihan VPS adalah sesuai kebutuhan. Dalam melakukan pemilihan VPS sebenarnya gampang-gampang susah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan analisa kebutuhan website saat ini berdasarkan visitor yang ada. Jika saat ini hanya perlu menggunakan RAM berkisar 512MB maka pilihlah VPS dengan RAM 1GB hal ini di fungsikan jika terdapat kenaikan visitor maka server masih bisa menangani. Kenapa tidak menggunakan RAM 2GB? tentu hal ini tidak menjadi permasalahan, namun perlu diperhatiakn bahwa semakin tinggi resource yang dibutuhkan maka semakin tinggi juga harga yang akan dikeluarkan.

  1. Memastikan teknologi yang digunakan

Tips untuk memilih VPS yang layak untuk kamu gunakan selanjutnya adalah dengan memastikan teknologi apa yang digunakan dalam VPS tersebut, apakah VPS tersebut memiliki panel untuk melakukan remote seperti shutdown, reboot, reinstall, dsb atau VPS tersebut tidak memiliki panel. Tentunya hal ini sangat penting karena jika terdapat kendala pada website/server maka kita dapat melakukan pembenaran melalui console, maupun melakukan reboot.  Ini akan bermanfaat dalam mengelola dan mengatur server.

  1. Memperhitungkan Bandwidth dan kecepatan server

Untuk menghindari biaya tambahan pada VPS karena bandwidth yang melebihi batas, maka harus dilakukan perhitungan untuk memperkirakan bandwidth yang nantinya akan digunakan. Dalam menentukan BW terdapat ukuran agar kamu terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan. Secara sederhananya ukuran yang digunakan untuk kebutuhan bandwith website atau blog adalah sebagai berikut

Jika dimisalkan terdapat 1000 pengunjung setiap harinya dengan kebutuhan bandwidth setiap pengunjung adalah 5MB, maka

  • 1 Bulan = 30.000 pengunjung
  • Bandwith 5MB x 30.000 = 150.000 MB setara dengan 150 GB per bulannya.

Maka dengan perhitungan sederhana diatas, kebutuhan BW pada VPS setidaknya adalah 200-500 GB untuk setiap bulannya.

  1. Memastikan keamanan data

Dari sekian tips tersebut ditutup dengan keamanan data. Walaupun kamu menggunakan VPS dengan server tinggi namun kenyataannya tidak ada jaminan keamanan data seperti VPS tersebut menggunakan RAID 0, maka jika terdapat disk failur maka seluruh data hardisk jika menjadi failur. Pasti hasilnya akan merugikan website atau blog yang sedang  kamu jalankan.

Demikian artikel terkait Tips Untuk Memilih VPS yang Sesuai dengan Kebutuhan saat ini. Jika kamu masih bingung untuk menentukan pilihan vps yang tepat, yuk segera kunjungi website daiserver.com untuk berkonsultasi dengan tim support kami 🙂

Ingin Punya Toko Online ? Bikin Websitenya di DAISERVER

Mudah, Nyaman, dan Cepat Prosesnya

Bikin Sekarang

NEWSLETTER