Tips Meningkatkan Kinerja VPS Agar Lebih Optimal

8 Dec, 2017 | Ditulis oleh Bayu Adin Cloud ServerTips Meningkatkan Kinerja VPS Agar Lebih Optimalvps

Memperhatikan pengaturan content delivery network

Apakah VPS(Virtual Private Server) yang kamu gunakan sering kali berjalan tidak maksimal? tentu artikel tips meningkatkan kinerja VPS agar lebih optimal ini dapat menjadi jawaban untuk mengatur kinerja akses webbing yang anda jalankan. Tujuannya dari proses optimalisasi ini adalah membuat VPS yang kamu gunakan menjadi lebih timal dengan effeknya “load proses” dari VPS tersebut rendah. Untuk kamu yang masih awal dengan VPS ada baiknya mengunjungi artikel yang berjudul Pengertian dan Kegunaan VPS. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan pada saat melakukan setting VPS agar hasilnya maksimal. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat menjadi referensi untuk melakukan optimalisasi VPS.

  1. Melakukan konfigurasi server dengan tepat

Ada beberapa hal agar proses loading di server VPS yang digunakan untuk website atau blog anda menjadi sangat lancar. Ini tergantung pada saat kamu melakukan setting konfigurasi. Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan konfigurasi terhadap server itu sendiri, seperti database, webserver, email service, dsb.

Selanjutnya aplikasi pada webserver, database, atau service yang berjalan pada server juga harus diperhatikan. Inilah yang dapat meningkatkan kinerja kecepatan hosting dan menurunkan load server.  Jenis webserver yang dapat kamu gunakan dapat berupa apache, NGINX ataupun Lighttpd bergantung dari kebutuhan website saat ini.

  1. Memperhatikan pengembangan dan pengaturan aplikasi situs

Tips meningkatkan kinerja VPS agar lebih optimal selanjutnya dapat dipertimbangkan pada saat melakukan tahap pengembangan dan pengaturan aplikasi situs. Tahap pertama yang dapat kamu kerjakan adalah mengatur browser caching. Aturlah obyek penyimpanan pada cache. Tidak lupa dilakukan pengecilan atau compressing gambar sehingga dapat lebih ringan.

Tahap kedua, kamu lakukan pengurangan ukuran javascript. Jika script yang dijalankan semakin sedikit, tentu kondisi loading akan semakin cepat. Baru setelah itu daapt dilakukan pengaturan tampilan CCS pada situs website sehingga tampilannya semakin terlihat cantik.

Pada tahap ini juga harus dilakukan pengurangan tampilan pluggin. Pluggin pada suatu CMS yang jumlahnya terlalu banyak dapat membebani situs kamu. Setelah itu, terakhir kamu dapat menginstal pluggin cache dan mengompres pada CMS.

  1. Memanfaatkan teknologi distribusi server Content Delivery Network (CDN)

Tips meningkatkan kinerja VPS agar lebih optimal yang terakhir dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi distribusi pada CDN. Ada beberapa perusahaan yang menawarkan CDN dalam bentuk Trial yang gratis atau versi free untuk selamanya. Provider yang menyediakan layanan tersebut seperti Akamai Technologies, Amazon CloudFront, MaxCDN, CacheFly, atau CloudFlare.

Proses seperti hal di atas dilakukan agar mendapatkan latency yang rendah untuk dijangkau dengan pengunjung website sehingga dapat menjadikan akses website mejadi lebih cepat. Hal ini memungknkan file-file statis maupun dinamis dapat didistribusikan server ke lokai-lokasi di seluruh dunia. Dengan demikian akses situs kamu akan menjadi lebih lancar.

Demikian informasi tips untuk meningkatkan kinerja VPS agar lebih optimal. Untuk mendapatkan Cloud Server dengan pilhan lokasi lebih dari 15 negara, kamu dapat menunjungi tautan berikut DAISERVER Cloud Server

Ingin Punya Toko Online ? Bikin Websitenya di DAISERVER

Mudah, Nyaman, dan Cepat Prosesnya

Bikin Sekarang

NEWSLETTER