Perbedaan RDP dan VPS Windows

29 Jul, 2016 | Ditulis oleh Bayu Adin RDP vs VPS Windows

Mungkin ada yang masih bertanya, apa sih sebenarnya perbedan antara RDP dan VPS windows itu ? Kenapa di DaiServer ada paket RDP dan juga ada paket VPS ? Nah kali ini mimin akan menjelaskan perbedaan mengenai kedua paket atau plan diatas. Yuk simak artikel berikut ini

RDP Vs VPS Windows

RDP vs VPS Windows Pict

Jika kamu masih bingung mengenai perbedaan antara RDP dan VPS maka hal ini itu adalah wajar, karena pada dasarnya VPS Windows dan RDP meruapakn hal yang sangat mirip. RDP sendiri merupakan tool atau protokol yang digunakan untuk terkoneksi ke dalam komputer server. Hanya saja banyak sekali penyedia layanan yang menerapkan nama RDP ini sebagai bagian dari paket mereka seperti layaknya nama paket hosting gold, silver, saturnus, jupiter, dsb.

Nah kamu sudah paham kan arti sebenarnya dari RDP. Pada dasarnya dalam konteks ini RDP hanyalah suatu istilah atau kiasan dalam memberikan nama paket. Selanjutnya kita akan membahas mengenai perbedaan secara arti pada paket atau layanan yang diberikan provider.

  1. Hak Akses

Jika kita masih bingung untuk menentukan mana sih layanan atau paket yang harus kita pilih? apakah RDP atau VPS ?

Untuk hal tersebut maka kita harus menyesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan kita. Apakah kita benar-benar membutuhkan Full Akses Administrator atau hanya Admin (sebatas istalasi program saja) atau tidak membutuhkan akses admin sama sekali dan hanya sebagai user saja? Tentunya hal ini harus kita ketahui terlebih dahulu. Setelah kita mengetahui apa yang kita butuhkan, maka kamu selanjutnya dapat memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Pada paket atau layanan VPS Server kamu akan mendapatkan hak akses sebagai Full Administrator yang artinya kamu memiliki kekuasaan penuh terhadap server. Kamu dapat menggangi OS sesuai keinginan, menginstall aplikasi, mengatur Firewall, menambah user, restart/reboot server, dan sebagainya. Semua itu dapat kamu lakukan sendiri. Hal ini tentu berbeda dengan layanan RDP Server, kamu tidak mendapatkan akses Full Administrator. Pada layanan RDP Server, kamu hanya mendapatkan akses sebatas Admin untuk instalasi program dan juga sebagai user untuk menjalankan program.

  1. Resource yang Digunakan

Pada paket atau layanan VPS, kamu akan mendapatkan 100% Full Resouce (RAM, CPU, dan DISK) untuk dirimu sendiri. Hal ini dikarenakan resource dari VPS sudah dibagi dari awal berdasarkan paket yang kamu pilih pada saat melakukan pembelian VPS Server. Tentunya dengan menggunakan VPS, kamu tidak akan merasa terganggu dengan tindakan user yang menggunakan resource berlebihan atau menyebabkan “Abuse Resources” yang dapat mempengaruhi performa.

Hal ini tentu berbeda dengan RDP Server. Pada RDP Server, kamu menggunakan resource secara bersamaan dengan user lain yang berada pada server yang sama. Sehingga penggunaan resource ini bersifat fair usage atau pembagian secara adil. Dengan sifat seperti ini, maka kemungkinan terjadinya “Abuse Resource” bisa saja terjadi. Oleh karena itu biasanya pada penyedia layanan RDP Server memiliki T.O.S (Terms of Services) atau peraturan yang harus ditaati oleh setiap pengguna RDP.

  1. TOS ( Terms of Service )

Peraturan yang diberikan RDP Server tentu lebih ketat dibandingkan pada pengguna layanan VPS Server. Hal ini dikarenakan pembagian resouce yang diterangkan pada point nomor 2 diatas. Jika tidak ada peraturan yang ketat pada pengguna layanan RDP, maka server yang digunakan untuk layanan RDP bisa mengalami penuruan performa yang signifikan.

Sebagai contohnya, pada layanan RDP Server kita tidak diperbolehkan menggunakan untuk BOT, Traffic Exchange atau penggunaan program yang bersifat continue atau program yang dijalankan secara terus menerus. Jika hal ini dilakukan maka kita akan mendapatkan sangsi berupa suspended akun RDP. Hal ini dilakukan karena dapat menyebabkan penurunan performa dan mengganggu pengguna lain dalam satu server RDP.

  1. Keamanan

Pada layanan VPS Server tentu memiliki keamanan yang ekstra seperti halnya proteksi hardisk. Rata-rata penyedia layanan VPS Server menggunakan RAID 10 dalam proteksi hardisk karena data akan dilakukan replikasi atau penggandaan. Sehingga jika salah satu hardisk mengalami kerusakan, maka server dan data pada VPS tetap berjalan dengan baik dan lancar.

Hal ini tentu berbeda dengan layanan RDP Server. Pada RDP Server biasanya menggunakan RAID 0, untuk meningkatkan kecepatan pembacaan disk dan meningkatkan penyimpanan data tanpa memikirkan replikasi data. Pada RAID 0, jika salah satu hardisk mengalami kerusakan, maka data pada server akan terganggu dan menyebabkan down pada server.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, maka kita sudah paham mengenai perbedaan antara layanan VPS Server dengan RDP Server. Jika kita ibaratkan VPS dan RDP maka sebagai berikut

Untuk layanan RDP Server diibaratkan kamu menyewa rumah yang sangat besar, rumah tersebut nantinya di isi oleh 12 orang atau lebih. Jika salah satu dari 12 orang penghuni rumah tersebut membuat masalah atau menimbulkan keributan maka orang yang lain akan merasa terganggu. Jika suatu saat rumah tersebut mengalami kebakaran pada salah satu kamar dan api tersebut merambat ke kamar yang lain, tentu akan menyebabkan se isi rumah hangus terbakar tanpa tersisa.

Untuk VPS diibaratkan dengan kita membeli rumah yang kecil yang hanya memuat dengan kebutuhan kita saja. Jika kita membuat masalah, melakukan masalah, dan menimbulkan keributan, mkaa hanya kita saja yang terkena dampaknya karena isi dari rumah tersebut hanyalah kita. Di dalam rumah yang kita miliki tentu kita bisa melakuakn apa saja seperti mengecet ulang tembok rumah kita, menambah dekorasai dan furniture rumah.

Nah dari ilustrasi di atas, semoga semakin menambah pengetahuan teman-teman mengenai perbedaan layanan RDP dan VPS Server. Jika kamu masih bingung mengenai layanan yang kamu pilih, yuk tanyakan langsung ke ahlinya dengan mengunjugni website www.DAISERVER.com.

Ingin Punya Toko Online ? Bikin Websitenya di DAISERVER

Mudah, Nyaman, dan Cepat Prosesnya

Bikin Sekarang

NEWSLETTER