Perbedaan Domain Dan Hosting Yang Harus Diketahui

7 Oct, 2018 | Ditulis oleh Bayu Adin DomainWebsite

Perbedaan domain dan hosting

Dalam pembahasan dasar mengenai website, domain dan hosting kamu dapat melihat pada artikel yang berjudul “Pengertian Hosting Dan Domain Beserta Fungsinya”.Kedua elemen pada dasarnya memang menjadi bagian yang tidak terpisahkan jika kita membahas mengenai website. Seringkali ktia menjumpai beberapa orang yang tidak dapat membedakan apa itu hosting dan juga domain. Padahal, kedua elemen tersebut tentu saja berbeda baik secara pengertian maupun secara fungsi. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan domain dan hosting.

Mengetahui perbedaan baik dari hosting dan domain merupakan hal yang cukup penting. Jika kita hendak membuat sebuah website, maka ini adalah salah satu pengetahuan dasar dan juga teori yang sebaiknya kamu pahami. Dengan mengetahui hal tersebut, tentu saja kamu akan semakin paham bagaimana seharusnya hosting dan domain bekerja. Nah, ada beberapa informasi penting dan ringkas yang akan dibahas di bawah ini terkait hosting dan domain yang akan menambah pengetahuan Kamu. Selamat membaca.

  1. Hosting

Mungkin Kamu bertanya, apakah hosting tersebut? Nah, perlu diketahui bahwa hosting juga sering disebut sebagai tempat penyimpanan yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan seluruh data website yang akan kamu kembangkan. Data ini bisa berupa gambar, video, text, dan sebagainya. Hosting sendiri memiliki bentuk fisik yang biasanya disebut dengan server hosting. Nah, meskipun seseorang yang memiliki website tidak pernah melihat bentuk fisik dari server, namun hal tersebut nyata dan dimiliki oleh pihak penyedia hosting.

Server sendiri sebenarnya sama dengan komputer. Server juga memiliki RAM, hard disk, dan processor sama halnya dengan komputer atau laptop yang kita miliki namun server memiliki performa komputasi yang lebih cepat, stabil, dan handal. Hanya saja, bentuk dari server sendiri disesuaikan dengan kebutuhan supaya bisa disimpan di rack server dengan lebih mudah. Ukuran ini biasanya disebuat dengan U atau Unit.

Lantas, bagaimana dengan server hosting? Perlu diketahui pula bahwa server hosting ini disimpan pada data center yang dilengkapi dengan listrik serta backup listrik yang biasanya berupa UPS, sistem keamanan yang canggih, sistem sirkulasi udara dan masih banyak lagi. Server hosting akan terkoneksi dengan internet yang berkecepatan tinggi. Hal ini tentu saja diperlukan agar server bisa diakses secara bersamaan dengan cara simultan dari seluruh dunia.

Nah, sebelumnya  telah disinggung bahwa pembahasan perbedaan domain dan hosting sangat penting bagi kamu yang hendak membuat website. Server yang diperuntukkan untuk penggunaan hosting webiste tentu berisi layanan-layanan yang telah disesuaikan seperti webserver, database server, ftp server, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana cara untuk memiliki hosting? Tentu, untuk memiliki hosting maka Kamu harus menyewa atau membeli hosting dari pihak penyedia. Dalam pemilihan hosting, pastikan kebutuhan hosting kamu tepat agar tidak menyebabkan pengeluaran yang sia-sia. Pilihlah hosting dengan spesifikasi yang minim terlebih dahulu namun tetap dapat menampung website kamu. Selanjutnya jika semakin lama kebutuhan website semakin meningkatkan, tentunya kamu dapat melakukan upgrade kapanpun juga. Jika kamu masih bingung memilih paket cloud hosting, maka kamu dapat menghubungi support dari DAISERVER.com.

  1. Domain

Pembahasan kedua mengenai domain. Nah, apakah domain tersebut? Domain merupakan sebuah nama yang memiliki ketentuan dan diatur oleh sebuah badan regulasi domain internasional. Perlu diketahui bahwa nama domain ini akan mengarahkan ke alamat IP server hosting menggunakan layanan DNS, sehingga saat Kamu mengetikkan nama domain maka sebenarnya kamu mengunjungi server IP pada domain tersebut.

Berbeda dengan hosting, domain tidak bisa menyimpan data. Dalam hal ini, saat Kamu membeli sebuah domain, maka pada dasarnya Kamu hanya menyewa nama saja. Hal ini perlu dipahami bahwa jika Kamu hanya menyewa domain tanpa hosting, maka website Kamu tidak akan bisa menampilkan apapun.

Kembali ke pengertian domain, bahwa pemilihan nama domain bisa dilakukan dengan bebas selagi nama tersebut tidak digunakan oleh oranglain. Namun perlu diperhatikan, bahwa ada juga domain yang memiliki syarat untuk legalitasnya seperti domain dngan ekstensi *.co.id, *.gov.id, *.desa.id, dsb. Kamu bisa saja menggunakan nama domain sesuai dengan jenis niche atau tema website yang hendak Kamu tulis. Bahkan, Kamu juga bisa menggunakan nama Kamu sendiri untuk nama domain tersebut. Tentu hal ini sangat mengasyikkan, bukan?

Nah, domain secara umum dibagi menjadi dua. Ini adalah salah satu hal yang juga penting untuk dibahas terkait perbedaan domain dan hosting. Jenis domain yang pertama adalah TLD atau Top Level Domain. Ini adalah jenis domain yang disarankan untuk Kamu gunakan agar website yang Kamu kelola akan lebih mudah untuk dikenal serta diakses oleh pengunjung. Adapun beberapa contoh domain TLD adalah .com, .org, .net, .info, dan sebagainya.

Selain itu, ada pula domain dengan jenis CC-TLD atau Cross Country Top Level Domain. Sebenarnya, ini adalah kode dari suatu negara tertentu terkait penggunaan domain. Dengan adanya kode negara, maka kita akan mengetahui dari mana domain tersebut berasal. Dalam hal ini, ada beberapa contoh jenis domain tersebut, seperti .id untuk Indonesia, .us untuk Amerika, dan lainnya.

Nah, dari beberapa keterangan di atas, tentu kamu sudah tahu bagaimana perbedaan mendasar antar hosting dan domain. Kedua hal tersebut memang sangat sering ditanyakan, namun dengan melihat pengertian yang ada, kamu menjadi tahu bagaimana detail perbedaan antara hosting dan domain dan kamu bisa memahami perbedaan serta fungsi masing-masing.

Hal lain yang cukup penting untuk dibahas adalah bagaimana mencari penyedia hosting dan domain yang terbaik. Nah, telah disinggung sebelumnya bahwa hosting dan domain harus membeli atau menyewa. Dengan demikian, hal ini berarti bahwa kita tidak bisa membuat hosting dan domain sendiri. Nah, untuk memilih agen penyedia domain dan hosting, pastikan Kamu memilih agen yang sudah memiliki reputasi yang baik. Reputasi dari agen sangat penting sebagai tolak ukur kemampuan serta servis yang mereka berikan. Tentu saja dalam hal ini Kamu sebaiknya memilih agen yang sudah berpengalaman. Kamu juga dapat melihat dengan banyaknya feed positive yang provider terima dari pengguna yang menggunakan jasa mereka.

Selain itu, Kamu juga bisa melihat fasilitas yang diberikan. Tentu, penyedia hosting dan domain akan menyediakan cukup banyak fasilitas untuk Kamu dapatkan, seperti penggunaan webserver litespeed, backup dengan server yang berbeda, penggunaan disk SSD, dan masih banyak lagi.  Sebagai contoh fitur cloud hosting, kamu dapat mengunjungi tautan berikut ini Fitur Cloud Hosting Indonesia.

Nah, demikian pembahasan mengenai perbedaan domain dan hosting yang secara singkat bisa Kamu ketahui. Perlu diingat kembali bahwa hosting adalah ruang penyimpanan data sedangkan domain adalah nama dari alamat website yang Kamu kelola. Dengan pemahaman seperti ini maka kamu bisa memahami fungsi serta kegunaan baik hosting dan domain dengan lebih mudah.

Semoga bermanfaat.

Ingin Punya Toko Online ? Bikin Websitenya di DAISERVER

Mudah, Nyaman, dan Cepat Prosesnya

Bikin Sekarang

NEWSLETTER