Perbedaan Website dan Blog Yang Harus Diketahui

18 Jun, 2018 | Ditulis oleh Bayu Adin Website

perbedaan website dan blog

Masih banyak orang yang belum bisa membedakan website dan blog. Keduanya memang memiliki persamaan yaitu sebuah halaman yang memberikan konten dan bisa diakses oleh siapa saja. Mungkin Kamu juga bingung menyebut, mana yang website dan mana yang blog. Atau ketika membuka sebuah halaman di mesin pencarian, Kamu akan menyebutnya sebagai website. Oleh karena itu, kita akan membahas secara lengkap mengenai perbedaan website dan blog yang harus Kamu ketahui.

Saat ini jumlah website dan blog di indonesia semakin banyak. Kecanggihan teknologi membuat semuanya lebih mudah. Apalagi harga hosting dan domain pun semakin murah. Membuat pemula, mulai mencari peruntungan dengan membuat blog berbayar dan menghasilkan uang dari blog. Selain itu hampir semua instansi dan perusahaan, pasti memiliki satu buah website. Sehingga konsumennya lebih mudah mencari informasi yang mereka inginkan. Tetapi sayangnya pemula belum bisa membedakan website dan blog. Mereka berpikir bahwa keduanya sama saja.

  1. Pengertian Menurut Wikipedia

Dilihat dari pengertiannya, website dan blog memiliki arti yang berbeda. Menurut wikipedia, website adalah sekumpulan halaman web terkait yang disajikan dari satu domain. Sedangkan blog merupakan sebuah situs diskusi yang terdiri dari enteri diskrit. Jadi website lebih bersifat umum dan blog bersifat pribadi, untuk menyampaikan tulisan ke pembaca.

  1. Pengguna

Pengguna website dan blog berbeda. Blog banyak digunakan untuk keperluan pribadi. Sering digunakan masyarakat untuk menyalurkan hobi menulisnya. Sehingga orang yang menulis di blog disebut sebagai blogger. Sedangkan website dimiliki oleh kalangan profesional. Misalnya dimiliki oleh sebuah perusahaan untuk mengiklannya produknya atau memudahkan konsumen untuk mencari informasi mengenai produk yang mereka jual. Misalnya website sebuah universitas, instansi pemerintah, perusahaan produk dan lainnya.

  1. Tujuan

Tujuan pembuatan website dan blog pun berbeda. Blog dibuat untuk tujuan pribadi. Pemilik blog ingin membagikan informasi yang dia miliki. Misalnya pemilik blog traveling, dia akan membagikan informasi mengenai perjalanan travelingnya. Tempat yang dia kunjungi, apa saja yang harus dilakukan dan lainnya. Tulisannya pun lebih bersifat review pribadi. Sedangkan website tujuannya untuk keperluan komersial. Misalnya untuk jualan online, memberikan informasi mengenai perusahaan dan lainnya. Tetapi sekarang banyak blog, yang dialih fungsikan sebagai media jualan online.

  1. Isi Konten

Website dan blog memiliki isi konten yang berbeda. Blog memiliki konten yang lebih bervariasi. Bisa mengenai fashion, teknologi, kosmetik, traveling dan lainnya. Tergantung dari pemilik blog tersebut. Blog seperti sebuah majalah digital, yang digunakan untuk memberikan informasi bagi pembacanya. Untuk website, kontennya memang lebih terbatas. Isi konten website hanya mewakili satu orang, satu produk atau teknologi. Dalam satu website, hanya bisa diisi oleh satu konten saja. Tidak bisa bervariasi seperti blog.

  1. Daftar Konten

Di sebuah blog terdapat daftar kronologi postingan. Jadi konten atau tulisan yang Kamu tulis, akan tersusun secara berurutan. Dari postingan paling lama ke postingan paling baru. Sehingga pembaca lebih mudah mencari informasi yang mereka butuhkan. Ketika Kamu mengunjungi website, belum tentu menemukan daftar konten. Karena data yang terdapat di website, bersifat statis. Kita tidak bisa melihat urutan dari positingan pertama sampai akhir.

  1. Coding

Perbedaan website dan blog bisa dilihat dari codingnya. Pemilik blog tidak perlu bingung mengenai coding. Buat pemula yang tidak paham mengenai bidang pengkodean pun, bisa memiliki blog. Kamu bisa mengurus sendiri, karena hanya perlu memasang template dan mempelajari dasar pengkodean. Sedangkan website memiliki coding atau pengkodean yang lebih rumit. Kamu harus paham tentang CSSS3, HTML5, PHp dan lainnya. Oleh karena itu, website sering dibuat oleh ahli pengkodean atau yang paham bidang informatika.

  1. Homepage

Kalau diperhatikan dengan lebih seksama, halaman utama website dan blog berbeda. Homepage website berisi tentang situs tersebut. Misalnya website pemerintahan, pasti akan berisi semua informasi mengenai instansi pemerintahan tersebut. Sedangkan homepage blog berisi tulisan atau konten yang telah ditulis. Informasi mengenai blog tersebut, ditulis di menu yang berbeda. Karena blog bertujuan memberikan infromasi konten untuk pembacanya.

  1. Biaya

Blog bisa menggunakan domain gratis maupun berbayar. Untuk blog gratis, bisa memakai platform wordpress atau blogger. Sedangkan website harus berbayar. Kamu harus membayar biaya webhosting dan sewa domainnya. Untuk blog yang berbayar, juga harus membayar biaya sewa. Jadi untuk pemula, bisa membuat blog gratis terlebih dahulu. Bila sudah menguasai dan memiliki trafik tinggi, bisa menggantinya dengan blog berbayar. Tetapi untuk website, dari awal harus memakai domain berbayar.

  1. Kemudahan

Blog lebih mudah digunakan daripada website. Bagi pemula akan lebih mudah memakai blog dibandingkan website. Pada saat membuat blog, Kamu bisa membuatnya secara gratis. Mengganti template dan mulai memposting tulisan. Fitur dan tampilannya pun mudah digunakan. Sehingga lebih mudah dioperasikan. Sedangkan website lebih rumit penggunaanya. Ada yang namanya webhosting, domain, file transfer protocol dan lainnya. Website harus dirawat dengan baik, sehingga bisa terus digunakan dan tidak mudah down.

  1. Performa

Website memiliki performa yang lebih bagus dan cepat dibandingkan blog. Karena website terdapat pengaturan pengkodean. Proggamer bisa mengatur website sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Sedangkan blog memiliki fitur yang terbatas. Hanya sebatas tulis menulis saja. Website membutuhkan tim programer yang mengurus semua kebutuhan website. Untuk blog tidak butuh programer, Kamu bisa mengurusnya sendiri. Tentunya kamu juga harus memperhatikan dalam memilih cloud hosting indonesia yang berkualitas dan memiliki uptime yang maksimal untuk menjaga agar website yang kamu kelola tidak ada masalah pada performa.

  1. Interaksi Pengguna

Jika dilihat dari interaksi pengguna, keduanya memiliki perbedaan yang nyata. Interaksi pengguna di blog lebih interaktif. Kamu sebagai penulis bisa berinteraksi dengan pembaca Kamu di kolom komentar lebih mudah. Saling menjawab pertanyaan dan berdiskusi. Sedangkan website. Interaksinya kurang interaktif. Bahkan sebagian besar website, fitur komentarnya di blok. Sehingga pembaca tidak bisa meninggalkan pesan di website.

Dari perbedaan website dan blog diatas, tentunya Kamu semakin paham mana yang disebut website dan blog. Pikirkan dengan seksama, apakah Kamu ingin membuat website atau blog. Untuk jualan produk, lebih baik menggunakan website berbayar. Karena fitur yang diberikan lebih mudah. Pembeli bisa langsung melakukan transaksi lewat website. Kamu juga bisa menambahkan fitur blog di website, untuk diisi berbagai macam artikel tentang produk yang Kamu jual. Alogaritma di mesin pencarian pun lebih mudah dideteksi, sehingga website Kamu bisa masuk ke pencarian teratas.

Perbedaan website dan blog ini juga bisa kamu lihat dari pemiliknya. Pemilik blog bisa disebut sebagai blogger sedangkan pemilik website, tidak bisa disebut sebagai blogger. Apalagi untuk website instansi atau bisnis online. Karena website lebih bersifat umum maka bisa dimiliki oleh banyak orang. Sedangkan blog dimiliki oleh satu orang. Para blogger akan menyantumkan identitas pribadi di blog miliknya. Sehingga dia bisa mendapatkan penghasilan lain, selain dari menulis di blog. Misalnya menjadi pembicara, datang ke launching produk, endorse dan lainnya. Itulah sedikit infromasi tentang perbedaan website dan blog. Semoga bermanfaat.

Ingin Punya Toko Online ? Bikin Websitenya di DAISERVER

Mudah, Nyaman, dan Cepat Prosesnya

Bikin Sekarang

NEWSLETTER