Ini Dia Alasan Mengapa Website Jadi Lambat

19 Oct, 2016 | Ditulis oleh Bayu Adin

Pernah gak sih kamu mengunjungi sebuah website tapi loadingnya lamanya ? Jika ya, maka kamu perlu tahu alasan Mengapa website jadi lambat. Bagus atau tidaknya sebuah website memang bisa dilihat dari cepat atau lambatnya website tersebut diakses. Ada web yang membutuhkan waktu lama agar bisa dibuka, tapi ada juga yang hanya dalam hitungan detik kamu sudah bisa mengaksesnya. Lantas, apa sih yang menjadi penyebabnya? Nah kali ini DaiServer ingin membagikan informasi mengenai penyebab lambatnya suatu website diakses. Yuk simak langusng

KENAPA WEBSITE JADI LAMBAT ?

 

slow-website

  • Koneksi Internet Kita Sebagai pengakses/user

Salah satu penyebab website menjadi lambat adalah jaringan internet yang lambat. Jika koneksi internet yang kamu pakai lambat, secara otomatis website akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya. Jika kamu merasa bahwa kecepatan internet kamu cepat cobalah untuk mengakses website lain, selanjutnya kamu dapat membandingkan website tersebut.

  • Pengunjung Website yang Tinggi

Selain masalah koneksi internet, penyebab melambatnya akses masuk ke website bisa juga disebabkan karena banyaknya user/orang yang mengunjungi website tersebut, sehingga menyebabkan server yang digunakan website tersebut tidak dapat menangani request data dari jumlah user yang tersedia. Jika kamu yang memiliki website tersebut dan mengetahui bahwa website yang kamu gunakan merasa lambat. Kamu dapat membaca artikel berikut ini mengenai Limitasi pada Server.

  • Adanya OVERLOAD pada server yang digunakan.

Jika kamu sudah melakukan upgrade paket hosting/VPS akan tetapi website kamu tetap lambat. Maka adanya overload pada server yang kamu gunakan. Overload ini ada berbagai macam, seperti adanya serangan DDOS ATACK, FLOADING, System yang EROR, dsb. Jika kamu masih bingung mengenai apa itu DDOS ATACK, yuk coba lihat page berikut. DDOS ATACK MITIGATION. Mengerikan bukan ? Maka pastikan server yang kamu gunakan sudah terdapat feature DDOS ATACK PROTECTION. Banyak cara menghadapi ini, dari mulai HARDWARE FIREWALL yang digunakan server, pihak ke-3, BLOCKING & FILTERING, dsb.

  • Template / Design Website

Penyebab lainnya ada pada tema atau templete yang digunakan website. Perlu diketahui bahwa tema dan templete pada website menggunakan perintah yang dikenal dengan script. Semakin banyak script yang ada pada suatu situs atau website maka semakin lama pula browser akan membaca perintah atau script tersebut. Jika kamu menggunakan WordPress sebagai engin website kamu, maka gunakanlah plugin seperlunya jangan terlalu over dalam penggunaan plugin. Kurangi plugin yang tidak memiliki effect positive yang tinggi, jangan menggunakan plugin yang memiliki feature yang hampir sama. Selain itu periksa juga eror script pada template.

Nah bagaimana nih ? Sekarang kamu tentunya sudah mengerti kan Mengapa website yang kamu akses atau website milikmu jadi lambat ? Pastikan juga gunakan server yang memiliki feature DDOS PROTECTION, jangan sampai website kesayanganmu DOWN beberapa jam atau bahkan berhari-hari. Hal ini tentu akan mempengaruhi ranking dan SEO website kamu.

Ingin Punya Toko Online ? Bikin Websitenya di DAISERVER

Mudah, Nyaman, dan Cepat Prosesnya

Bikin Sekarang

NEWSLETTER