Cara Mendaftarkan Blog Ke Google AdSense Dengan Mudah

8 Oct, 2018 | Ditulis oleh Bayu Adin BloggerGoogle AdSenseiklan

Beriklan di Google

Bagi seorang blogger, Google AdSense sering kali merupakan hal menarik yang harus dipahami dengan baik. Ya, saat ini Google AdSense merupakan salah satu sumber penghasilan bagi para blogger. Sering kali bagi blogger Google Adsense sendiri merupakan sumber penghasilan utamanya. Dengan bergabung ke Google AdSense, maka setiap artikel yang diterbitkan pada blog atau website akan berpeluang memberikan keuntungan. Banyak orang saat ini mulai mencari informasi terkait cara mendaftarkan blog atau website yang dibangun ke Google AdSense. Untuk informasi lebih lengkapnya, yuk ikuti artikel ini.

Pada dasarnya, ada beberapa tahapan ketika Kamu hendak mendaftarkan akun ke Google AdSense. Tahapan-tahapan ini harus kamu ikuti dengan seksama. Hal ini tentunya cukup beralasan, karena tidak semua akun yang mendaftar ke Google AdSense dapat langsung diterima. Ada beberapa kriteria-kriteria yang harus dipenuhi agar akun diterima menjadi salah satu publisher pada Google AdSense. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas tahapan mendaftarkan blog ke google AdSense yang harus Kamu lakukan.

  1. Membuat Akun

Hal pertama yang harus dilakukan saat hendak mendaftar ke Google AdSense adalah dengan membuat akun Google AdSense terlebih dahulu. Kamu dapat langsung mengunjungi website Google AdSense terlebih dahulu untuk melakukan pendaftaran. Nah, cara lengkapnya akan dijelaskan melalui beberapa poin di bawah ini.

  • Mengunjungi website Google AdSense
  • Pilih menu daftar sekarang atau “Sign Up Now”
  • Jika sudah, pilih akun Google yang hendak digunakan untuk mendaftar
  • Masukkan URL situs tempat Kamu ingin menampilkan iklan
  • Centang pilihan AdSense untuk mengirimkan saran dan bantuan yang bisa disesuaikan
  • Jika sudah, pilih negara atau wilayah tempat Kamu tinggal
  • Tinjau ketentuan serta persetujuan Google AdSense
  • Klik buat akun

Dengan beberapa langkah di atas maka saat ini Kamu sudah memiliki akun Google AdSense. Namun, hal tersebut tentu saja masih tahapan awal.

  1. Mengaktifkan Akun

Langkah kedua dalam pembahasan mengenai cara mendaftarkan blog ke google AdSense adalah dengan mengaktifkan akun yang sudah Kamu miliki sebelumnya. Dengan mengaktifkan akun, maka tentu saja Google AdSense Kamu akan aktif dan Kamu bisa memulai petualangan baru dalam dunia blogging. Dalam hal ini, ada beberapa langkah yang tergolong cukup mudah untuk mengaktifkan akun tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Hubungkan situs Kamu ke Google AdSense
  • Berikan alamat pembayaran yang Kamu miliki
  • Verifikasi nomor telepon yang Kamu miliki

Nah, dengan ketiga langkah tersebut maka Kamu sudah berhasil mengaktifkan akun Google AdSense. Sangat mudah, bukan? Namun, masih ada beberapa tahapan di mana harus Kamu lakukan untuk menyelesaikan langkah pendaftaran ini.

  1. Menyelesaikan Persiapan Akun

Jika aktivasi akun Google AdSense sudah dilakukan dengan cara di atas, maka langkah selanjutnya adalah menyelesaikan persiapan akun. Dalam hal ini maka Kamu tidak perlu melakukan hal apapun karena ini merupakan bagian review dari  timGoogle. Google akan mempelajari detail situs yang kamu masukkan, berdasarkan parameter-parameter atau persyaratan yang ditetapkan oleh tim google. Sehingga, dalam hal ini, tugas Kamu hanya menunggu hingga mendapatkan pemberitahuan bahwa akun kamu telah diterima.

Perlu dipahami bahwa waktu menunggu verifikasi cukup beragam. Kamu bisa langsung mendapatkan izin dari Google AdSense atau harus menunggu beberapa hari atau minggu hingga beberapa bulan lamanya. Jika Kamu sudah mendapatkan balasan dari Tim Google AdSense, maka akun Kamu sudah sepenuhnya aktif. Nah, setelah langkah ini maka Kamu bisa menggunakan akun Google AdSense dengan menyeluruh dan mendapatkan banyak keuntungan dari akun tersebut.

  1. Tips Diterima Google AdSense

Tips Diterima Adsense

Dari beberapa penjelasan diatas, sudah dijelaskan bagaimana langkah mendaftarkan blog atau website ke google AdSense dengan cukup mudah. Nah, hal lain di mana sebaiknya juga dipahami dengan baik adalah tips agar akun mudah diterima oleh Google AdSense. Ada beberapa tips yang harus dipahami dengan baik agar perjuangan Kamu untuk mendaftar akan lebih mudah dan langsung diterima. Adapun beberapa tips yang sebaiknya Kamu ketahui adalah sebagai berikut:

  • Fokus Pada Artikel Berkualitas

Hal pertama yang harus Kamu lakukan ketika hendak mendaftar ke Google AdSense adalah fokus pada artikel yang berkualitas. Artikel berkualitas disini artinuya adalah artikel yang tidak hanya melakukan copy paste dari orang lain. Orisinalitas artikel yang dibuat disini merupakan salah satu parameter yang digunakan oleh google. Tentunya perlu diperhatikan juga panjang suatu artikel. Biasanya jumlah kata artikel berkisar antara 300-500 namun lebih banyak kata yang ada pada artikel semakin baik dimata Google. Nah, dengan kerangka tersebut, Kamu tentu harus berusaha untuk menghadirkan artikel yang berkualitas.

Pada dasarnya, Google memang tidak akan menilai artikel Kamu secara menyeluruh. Hanya saja, engine Google atau algoritma mesin pencari akan menilai artikel berdasar hasil kunjungan dari member yang berbeda-beda. Sebelum Kamu mendaftar ke Google AdSense, maka sebaiknya Kamu menyiapkan minimal 20 artikel berkualitas dan melakukan posting di blog Kamu secara berkala. Berkala disini artinya adalah tidak langsung memposting 20 artikel sekaligus, lebih baik adalah 1 hari 1 artikel berkualitas.

  • Perhatikan SEO

SEO merupakan hal yang cukup penting saat hendak mendaftar di Google AdSense. Jika Kamu masih awam, maka ada baiknya jika Kamu mempelajari terlebih dahulu dasar SEO. Dengan menggunakan teknik ini maka Kamu akan lebih mudah mendapatkan pengunjung organik agar bisa diterima oleh mesin pencari Google. Selain itu, dengan menerapkan SEO pada blog atau website yang kamu buat juga akan sangat berpengaruh pada peringkat blog Kamu kedepannya.

SEO sendiri tidak bekerja secara instant seperti kita mengiklankan website melalui media pengiklan, namun SEO bekerja secara “Long Term Effect“, artinya SEO yang kamu bangun akan terasa efeknya dalam jangka panjang. Semakin baik SEO yang kamu bangun, maka semakin baik pula peningkatan ranking keyword yang kamu target pada mesin pencari. Hal ini akan berakibat pada peningkatan pengunjung pada website atau blog yang kamu bangun.

  • Perhatikan Usia

Perlu diketahu jugai bahwa Google AdSense hanya akan menerima publisher yang berumur minimal 18 tahun. Dalam hal ini, Kamu harus menaati aturan dan syarat ketentuan yang sudah dikeluarkan oleh Google AdSense terkait usia pemilik blog. Dengan menaati aturan pemilik blog atau website ini, maka Tim Google AdSense dapat semakin percaya pada pengelola website atau blog untuk menjadi partner.

Selain usia pemilik, maka Kamu juga harus memperhatikan usia dari blog atau website yang Kamu kelola. Usia dari domain yang menjadi tempat untuk website atau blog kamu merupakan salah satu parameter yang penting. Memang ada cukup banyak perbedaan mengenai usia minimal dari blog sebelum didaftarkan ke Google AdSense. Dalam hal ini, sebaiknya Kamu mengelola blog Kamu dulu dengan baik dan baru mendaftarkannya setelah berumur setidaknya 3 bulan. Dalam waktu 3 bulan, kamu dapat mengelola website kamu dengan memberikan artikel yang berkualitas, mendapatkan pengunjung yang lebih banyak. Ketika pengunjung website kamu semakin banyak, maka Tim Google Adsense akan menilai bahwa website kamu merupakan website yang tepat untuk menjadi partnernya.

  • Perhatikan Desain Blog

Tips mendaftarkan blog ke google AdSense selanjutnya yang tyak kalah penting adalah dengan memperhatikan desain blog. Ya, desain blog merupakan hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan karena akan berpengaruh pada diterima atau tidaknya pendaftaran yang Kamu ajukan. Dalam hal ini, Kamu wajib untuk membuat navigasi yang mudah untuk pengunjung Kamu. Jangan meletakkan iklan yang terlalu padat dan berlebihan di setiap sudut blog yang Kamu kelola. Dengan mendesain blog atau website kamu secara profesional dan tidak asal jadi, maka tingkat keberhasilan diterima akun yang kamu buat sebelumnya untuk menjadi publisher dari Google Adsense menjadi lebih tinggi.

  • Selesaikan Pembangunan Blog

Blog yang didaftarkan ke Google AdSense haruslah merupakan blog yang sudah selesai dibuat. Dalam hal ini, blog yang baik adalah blog yang sudah dilengkapi dengan navigasi dan posting blog sudah cukup banyak. Selain itu, jika Kamu membuat posting berdasarkan kategori, maka setiap kategori harus diisi dengan artikel yang berkualitas. Ini adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Dengan melengkapi seluruh data yang diperlukan maka blog Kamu sudah selesai dibangun dan Google AdSense akan lebih mudah untuk menerima pendaftaran yang Kamu ajukan sebelumnya.

Dari beberapa pembahasan tersebut, kita bisa melihat beberapa cara mendaftarkan blog ke google AdSense yang harus dilakukan agar diterima. Perlu diketahui juga bahwa dengan mendaftar ke AdSense, maka blog yang Kamu kelola bisa digunakan sebagai salah satu sumber penghasilan. Hanya saja, ada beberapa tips yang sebaiknya juga Kamu tahu agar lebih mudah diterima seperti diatas. Lakukan beberapa tips tersebut dengan saksama sehingga harapan Kamu memiliki akun AdSense akan terkabul dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Ingin Punya Toko Online ? Bikin Websitenya di DAISERVER

Mudah, Nyaman, dan Cepat Prosesnya

Bikin Sekarang

NEWSLETTER