Cara Mempercepat Website

20 Oct, 2016 | Ditulis oleh Bayu Adin

Siapa sih yang tidak kesal jika website yang dikunjungi sangat lola alias loading lama? Sebab kondisi ini tentu saja sangat membuang-buang waktu karena harus menunggu hingga website dapat diakses. Apalagi jika kamu sebagai user atau orang yang mengakses website sedang tidak dalam kondisi yang memungkinkan untuk menunggu karena dikejar deadline. Maka kamu lebih baik pindah ke lain website.

Lalu, bagaimana Cara mempercepat website bagi kamu yang memiliki website ? Nah kali ini DaiServer ingin membagikan sedikit tips untuk mempercepat website. Sebelum berlanjut, kamu harus lebih dulu mengetaui, kenapa sih website menjadi lambat ? Nah jika sudah yuk simak artikel berikut.

Cara Mempercepat Website

fast-website

  • HIGH REQUEST

Cara pertama agar loading saat mengakses website tidak lambat adalah menghindari halaman “Redirection”. Misalnya saja kamu hendak membuat website A, saat diklik justru ada halaman lain yang muncul. Nah, halaman “”Redirection”” itulah yang seringnya membuat website yang kamu buka menjadi lambat.Semakin banyak redirect atau request yang ada pada website kamu maka semakin lama juga website tersebut di akses. Sehingga langkah pertama periksa request yang masuk.

  • OPTIMASI CACHE

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan cache. Tahukah kamu bahwa adanya cache ini sangat berguna untuk mempercepat proses pengaksesan website. Hanya saja, cara ini hanya berlaku jika website yang dibuka sudah pernah diakses sebelumnya. Maka optimasi pada “cache” sangatlah dibutuhkan disini.

  • OPTIMASI DATABASE

Ketiga, adalah dengan melakukan optimasi pada database. Jika kamu menggunakan SELF HOSTING/SEVER bukan menggunakan SHARED HOSTING, maka kamu harus melakukan optimasi pada bagian database ini seperti pemilihan engine yang digunakan dalam database, querry, max connection, dsb. Kenapa harus dioptimasi ? Melakukan optimasi pada database dapat memberikan efek load website menjadi stabil. Jika kamu menggunakan SHARED HOSTING, maka umumnya kamu sudah mendapatkan hal ini. OPTIMASI DATABASE sudah menjadi tanggung jawab pada provider, sehingga kamu tidak perlu kawatir mengenai hal ini

  • THEM/TEMA Website

Langkah kali ini kamu harus memeriksa design/tampilan website kamu. Apakah banyak yang eror pada css, js, dan kode HTML lainnya ? Jika kamu menemukan eror, maka segeralah perbaiki eror tersebut. Karena jika hal ini jika tidak mendapatkan pebaikan maka website yang sedang kamu kelola akan terjadi Propagasi EROR atau eror yang terus menerus tanpa adanya perbaikan sehingga dapat mempengaruhi performa pada website.

  • PLUGIN

Ya, plugin. Jika kamu menggunkana WordPress sebagai CMS websitemu, maka penggunaan jumlah plugin sangatlah mempengaruhi. Semakin banyak plugin yang digunakan maka semakin banyak pula fungsi yang ada diwebsite. Tentu semakin banyak fungsi ini akan berbanding lurus dengan “REQUEST DATA” yang masuk, yang efeknya adalah semakin melambatnya akses pada website.

Bagaimana Tips untuk mempercepat website diatas ? Kamu sebagai webmaster harusnya mengetahui mengenai optimasi website yang sedang kamu kelola. Maintenance website sangat diperlukan dalam hal ini, so ayo periksa websitemu sekarang juga.

Ingin Punya Toko Online ? Bikin Websitenya di DAISERVER

Mudah, Nyaman, dan Cepat Prosesnya

Bikin Sekarang

NEWSLETTER