Apa itu Nameserver ?

25 Aug, 2016 | Ditulis oleh Bayu Adin

Banyak orang yang masih belum paham dan mengerti apa itu sebenarnya nameserver yang ada pada domain /website seseorang. Kita hanya melakukan perintah dari hoster/hosting provider untuk mengganti nameserver pada domain kita yang mana itu diarahkan ke nameserver hoster tersebut.

Kali ini mimin daiserver.com akan mencoba untuk memberikan kejelasan mengenai nameserver. Apa sih nameserver sebenarnya ? dan apa gunanya nameserver itu ?

Ok,.. satu-satu dulu ya :).

Jika secara harfiah maka Nameserver sendiri merupakan nama yang digunakan untuk mengarahkan domain ke server tertentu ( server ini maksudnya adalah server dari provider penyedia atau tempat untuk menyewa hosting ), biasanya nameserver ini ditulis dengan nama ns1.namaserver, ns2.namaserver dengan ip yang berbeda. Minimal penggunaan adalah 2 nameserver, hal ini bertujuan ketika server pengarah pada ns1 mengalami down/kerusakan maka dengan otomatis server pengarah 2 atau ns2 akan melakukan backuping dan menjalankan/mengambil alih fungsi pada ns1. Cara kerja ini adalah secara umumnya, hanya saja setiap provider memiliki konfigurasi yang berbeda-beda.

Setiap kita melakukan penyewaan hosting, biasanya kita sudah otomatis akan mendapatkan nameserver tersebut dari setipa provider hosting. Jika anda merupakan pelanggan daiserver.com, maka nameserver secara defaultnya adalah sebagai berikut

bay1.daiserver.com

bay2.daiserver.com

Nah sekarang kita sudah paham kan bagaimana dan apa itu nameserver sebenarnya ? Selanjutnya ketika kita sudah mengerti apa itu nameserver yang sebenarnya, kita hanya perlu untuk melakukan pengaturan nameserver ke domain kita.  Pengaturan ini tergolong cukup mudah karena hanya meletakkan nameserver yang diberikan oleh pihak provider ke pengaturan atau management DNS pada provider domain. Perlu di ingat juga, dalam penggantian nameserver ini memerlukan waktu untuk dilakukan propagasi DNS. Lamanya propagasi DNS sendiri berkisar minimal adalah 30-60 menit dan maksimal adalah 2 x 24 jam atau 48 jam untuk menunggu FULL Propagasi DNS.

Nah untuk bagaimana cara melakukan pengaturan dan penempatan Nameserver yang diberikan pihak provider ke management DNS kita, dapat menuju link berikut untuk secara detailnya. Bagaimana cara mengganti nameserver 🙂

Ingin Punya Toko Online ? Bikin Websitenya di DAISERVER

Mudah, Nyaman, dan Cepat Prosesnya

Bikin Sekarang

NEWSLETTER